• Breaking News

    Wednesday 24 November 2010

    Tugas Analisis Sistem Informasi

    A. DEFINISI SISTEM INFORMASI

    Sistem Informasi adalah Sebuah sistem terintegrasi atau sistem manusia-mesin, untuk menyediakan informasi untuk mendukung operasi, manajemen dalam suatu organisasi atau Pengertian Sistem Informasi Secara umum merupakan kegiatan atau aktifitas yang melibatkan serangkaian proses, berisi informasi-informasi yang digunakan untuk mencapai tujuan.

    Dari defenisi ini dapat dirinci lebih lanjut pengertian sistem secara umu, yaitu :
    1. Setiap sistem terdiri dari unsurunsur
    2. Unsurunsur
    tersebut merupakan bagian terpadu sistem yang bersangkutan.
    3. Unsur sistem tersebut bekerja sama untuk mencapai tujuan sistem.
    4. Suatu sistem merupakan bagian dari sistem lain yang lebih besar.


    KONSEP DASAR INFORMASI

    Secara umum informasi dapat didefinisikan sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu
    bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu
    kejadiankejadian
    yang nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan. Informasi
    merupakan data yang telah diklasifikasikan atau diolah atau diinterpretasi untuk digunakan
    dalam proses pengabilan keputusan.


    B. KOMPONEN DAN ELEMEN SISTEM INFORMASI

    KOMPONEN SISTEM INFORMASI

    Sistem informasi
    terdiri dari komponen - komponen yang disebut blok bangunan (building
    blok), yang terdiri dari komponen input, komponen model, komponen output, komponen
    teknologi, komponen hardware, komponen software, komponen basis data, dan komponen
    kontrol. Semua komponen tersebut saling berinteraksi satu dengan yang lain membentuk suatu
    kesatuan untuk mencapai sasaran.
     

    1. Komponen input

    Input mewakili data yang masuk kedalam sistem informasi. Input disini termasuk metode
    dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan, yang dapat berupa dokumendokumen
    dasar.
     

    2. Komponen model

    Komponen ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika, dan model matematik yang akan
    memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yag sudah
    ditentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
     

    3. Komponen output

    Hasil dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan
    dokumentasi yang berguna untuk semua pemakai sistem.

    4. Komponen teknologi

    Teknologi merupakan “tool box” dalam sistem informasi, Teknologi digunakan untuk
    menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, neghasilkan dan
    mengirimkan keluaran, dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.
     

    5. Komponen hardware

    Hardware berperan penting sebagai suatu media penyimpanan vital bagi sistem informasi.
    Yang berfungsi sebagai tempat untuk menampung database atau lebih mudah dikatakan
    sebagai sumber data dan informasi untuk memperlancar dan mempermudah kerja dari
    sistem informasi.
     

    6. Komponen software

    Software berfungsi sebagai tempat untuk mengolah,menghitung dan memanipulasi data
    yang diambil dari hardware untuk menciptakan suatu informasi.

    7. Komponen basis data


    Basis data (database) merupakan kumpulan data yang saling berkaitan dan berhubungan
    satu dengan yang lain, tersimpan di pernagkat keras komputer dan menggunakan perangkat
    lunak untuk memanipulasinya. Data perlu disimpan dalam basis data untuk keperluan
    penyediaan informasi lebih lanjut. Data di dalam basis data perlu diorganisasikan
    sedemikian rupa supaya informasi yang dihasilkan berkualitas. Organisasi basis data yang
    baik juga berguna untuk efisiensi kapasitas penyimpanannya. Basis data diakses atau
    dimanipulasi menggunakan perangkat lunak paket yang disebut DBMS (Database
    Management System).
     

    8. Komponen kontrol

    Banyak hal yang dapat merusak sistem informasi, seperti bencana alam, api, te,peratur, air,
    debu, kecurangankecurangan, kegagalankegagalan, sistem itu sendiri, ketidak efisienan,
    sabotase dan lain sebagainya. Beberapa pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk
    meyakinkan bahwa hal - hal yang dapat merusak sistem dapat dicegah ataupun bila terlanjur
    terjadi kesalahankesalahan dapat langsung cepat diatasi.


    ELEMEN SISTEM INFORMASI


    Sistem informasi terdiri dari elemen - elemen yang terdiri dari orang, prosedur, perangkat
    keras, perangkat lunak, basis data, jaringan komputer dan komunikasi data. Semua elemen ini
    merupakan komponen fisik.
     

    1. Orang

    Orang atau personil yang di maksudkan yaitu operator komputer, analis sistem,
    programmer, personil data entry, dan manajer sistem informasi/EDP
     

    2. Prosedur

    Prosedur merupakan elemen fisik. Hal ini di sebabkan karena prosedur disediakan dalam
    bentuk fisik seperti buku panduan dan instruksi. Ada 3 jenis prosedur yang dibutuhkan,
    yaitu instruksi untuk pemakai, instruksi untuk penyiapan masukan, instruksi pengoperasian
    untuk karyawan pusat komputer.
     

    3. Perangkat keras

    Perangkat keras bagi suatu sistem informasi terdiri atas komputer (pusat pengolah, unit
    masukan/keluaran), peralatan penyiapan data, dan terminal masukan/keluaran.
     

    4. Perangkat lunak

    Perangkat lunak dapat dibagi dalam 3 jenis utama :
    a. Sistem perangkat lunak umum, seperti sistem pengoperasian dan sistem manajemen data
    yang memungkinkan pengoperasian sistem komputer.
    b. Aplikasi perangkat lunak umum, seperti model analisis dan keputusan.
    c. Aplikasi pernagkat lunak yang terdiri atas program yang secara spesifik dibuat untuk
    setiap aplikasi.
     

    5. Basis data

    File yang berisi program dan data dibuktikan dengan adanya media penyimpanan secara
    fisik seperti diskette, hard disk, magnetic tape, dan sebagainya. File juga meliputi keluaran
    tercetak dan catatan lain diatas kertas, mikro film, an lain sebagainya.
     

    6. Jaringan komputer

    Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang
    terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabelkabel
    atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen
    dan data.
     

    7. Komunikasi data

    Komunikasi data adalah merupakan bagian dari telekomunikasi yang secara khusus
    berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara
    komputerkomputer dan pirantipiranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan
    melalui media komunikasi data. Data berarti informasi yang disajikan oleh isyarat digital.
    Komunikasi data merupakan bagian vital dari suatu sistem informasi karena sistem ini
    menyediakan infrastruktur yang memungkinkan komputer - komputer dapat berkomunikasi
    satu sama lain.


    C. ARSITEKTUR DAN KLASIFIKASI SITEM INFORMASI

    ARSITEKTUR SISTEM INFORMASI


    Sistem informasi dapat di bentuk sesuai kebutuhan organisasi masing - masing.
    Oleh karena itu, untuk dapat menerapkan sistem yang efektif dan efisiendiperlukan perencanaan,
    pelaksanaan, pengaturan, dan evaluasi sesuai keinginan masing - masing organisasi. Guna dari
    sistem yang efektif dan efisien tidak lain untuk mendapatkan keunggulan dalam berkompetisi.
    Semua orang dapat menggunakan sistem informasi dalam organisasi, tetapi faktor efisiensi
    setiap sistem adalah berbeda.
    Perlu diketahui, perubahan sistem, baik besar maupun kecil, selalu akan melalui tingkatantingkatan
    sebagai berikut :
    Tingkat I     : Ide, mengetahui perlu adanya perubahan.
    Tingkat II   : Design, merancang cara pemecahannya.
    Tingkat III  : Pelaksanaan, menerapkan design ke dalam sistem.
    Tingkat IV  : Kontrol, memeriksa tingkat pelaksanaan dijalankan sesuai dengan design
    Tingkat V   : Evaluasi, memeriksa apakah perubahan yang terjadi sesuai dengan tujuan
                          semula.
    Tingkat VI  : Tindak lanjut, melaksanakn perubahan sesuai dengan hasil evaluasi yang
                           ada.


    KLASIFIKASI SISTEM INFORMASI


    Sistem informasi merupakan suatu bentuk integrasi antara satu komponen dengan
    komponen lain karena sistem memiliki sasaran yang berbeda untuk setiap kasus yang terjadi
    yang ada di dalam sistem tersebut. Oleh karena itu, sistem dapat di klasifikasikan dari beberapa
    sudut pandang, diantaranya :


    • Sistem abstrak atau sistem fisik
    Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ideide
    yang tidak tampak secara
    fisik,misalnya sistem teologia, yaitu sistem yang berupa pemikiran hubungan antara
    manusia dengan Tuhan.
    Sistem fisik merupakan sistem secara fisik, misalnya sistem komputer.
    •  Sistem alamiah dan sistem buatan manusia
    Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam, tidak dibuat oleh manusia,
    misalnya sistem perputaran bumi.
    Sistem buatan manusia merupakan sistem yang melibatkan interaksi manusia dengan mesin,
    yang disebut human machine system. Sistem informasi berbasis internet merupakan contoh
    human machine system karena menyangkut penggunaan komputer yang berinteraksi dengan
    manusia.
    • Sistem deterministik dan sistem probabilistik
    Sistem deterministik adalah sistem yang beroperasi dengan tingkah laku yang dapat diprediksi.
    Sistem probabilistik dalah sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena
    mengandung unsur probabilistik



    • Sistem terbuka dan sistem tertutup
    Sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dan di pengaruhi oleh lingkunagn luarnya.
    Sistem ini menerima masukan dan menghasilkan keluaran untuk subsistem lainnya.
    Sistem tertutup adalah sistem yang tidak terhubung dan tidak terpengaruh oleh lingkungan
    luarnya. Sistem ini bekerja secara otomatis tanpa campur tangan pihak luar.


    D. Konsep Dasar

    • Motivasi

    Seperti namanya motivasi didorong oleh alasan kegiatan atau kelompok kegiatan. Yang juga merupakan manajer dari cara berpikir konvensional, misalnya, ketika seorang manajer untuk workshop membuat pertanyaan sebagai negara pemrosesan suatu produk, tentu akan tercermin langsung dan melakukan apa? Mengapa ini? berarti ini? ... .... Ini akan "melakukan" sebagai aktivitas, "mengapa harus" Panggil. Itu motivasi, "Apa arti pentingnya?" Motivasi Dipanggil.

    •  Motivasi dan hubungan antara proses bisnis

    Setiap perusahaan adalah adanya proses bisnis. Setiap proses bisnis memiliki tujuan spesifik dan mandat yang jelas dan bentuk-bentuk organisasi yang sesuai. Dalam kegiatan bisnis atau mungkin memiliki berbagai kegiatan. Misalnya, kegiatan inventarisasi bertujuan untuk menerbitkan materi, berdasarkan permintaan bahan varietas, permintaan untuk pembayaran bahan baku untuk tim produksi. materi Dirilis dalam kegiatan persediaan proses bisnis hanya bahan dibuat, dan jika tujuan dari kegiatan pengadaan, sesuai dengan kebutuhan pesanan pembelian, tepat waktu, sesuai dengan pembelian kuantitas bahan baku, tepat waktu dikirim untuk memeriksa inspeksi departemen kualitas, inspeksi bahan berkualitas baku dikirim ke gudang. Dalam bisnis proses pengadaan dalam pengadaan, ketundukan, kegiatan penyimpanan.
    • Sifat motivasi

    Dari perspektif bisnis motivasi bisnis proses nilai-tambah klasifikasi dapat dibagi menjadi tiga jenis, cukup didefinisikan sebagai:

    l nilai langsung menambah aktivitas sebagai motivasi efektif, seperti tim lokakarya (atau bekerja tengah) kegiatan produk olahan.

    l nilai tambah kegiatan pendukung sebagai penyebab sekunder, seperti lokakarya Guiji workshop produksi semua statistik tim pada kegiatan sehari-hari.

    l non-nilai tambah kegiatan sebagai penyebab yang valid, seperti sektor produksi akan berbelanja kemudian lokakarya Guiji ringkasan statistik, statistik, kegiatan pabrik transmisi kepemimpinan.
    • Motivasi dan hubungan antara biaya

    l motivasi yang efektif, seperti biaya tenaga kerja dan pengolahan yang terkait dengan produk, itu bisa diukur sebagai elemen biaya sopir termasuk pengolahan waktu dan biaya tenaga kerja;

    l menyebabkan tambahan, seperti pengendalian material, inspeksi dan kegiatan lainnya, kegiatannya tidak dapat sepenuhnya diberikan untuk produk, tetapi bagian yang diberikan untuk produk sampai, kegiatan tersebut meliputi penyusunan elemen-elemen biaya produk driver perintah pengolahan, penjualan perintah, lalu lintas yang memenuhi syarat, dll;

    l motif yang valid, seperti kegiatan pengelolaan sektoral, kegiatan yang relatif kompleks, sulit untuk mengukur, seperti manajemen produksi, manajemen mutu, manajemen peralatan, dll, beberapa yang mengkonsumsi sumber daya, keuangan akuntansi melalui produk pembagian biaya untuk, distribusi ini sering mengaburkan biaya sebenarnya dari produk.

    E. Aplikasi Poin

    1. Manajemen tujuan
    ABC manajemen berpikir dan penggunaan ERP / sistem informasi untuk perusahaan MRPII menciptakan platform informasi biaya yang baik, yang menyediakan bisnis dengan lebih dari satu tampilan kegiatan proses bisnis. Biaya informasi akan terus memperkuat visibilitas proses bisnis dalam aktivitas nilai-tambah, melemahnya nilai-non menambah aktivitas. Dibundel dalam keberhasilan informasi perusahaan sistem pelaksanaan driver biaya dan manajemen proses bisnis, kondisi dasar; memilih unsur-unsur biaya driver yang sesuai, yang ditugaskan untuk produk hingga membuat produk dalam proses produksi secara real-time status laporan kegiatan pengendalian biaya adalah subyek dari ABC.

    2. Aplikasi Signifikansi
    Dalam ekonomi pasar global, perusahaan bertujuan untuk memaksimalkan keuntungan produksi. Laba perusahaan tergantung pada keuntungan dan biaya. Biaya produk adalah diversifikasi, di samping biaya bahan, biaya tenaga kerja, ada berbagai jenis biaya manajemen. Namun, biaya manajemen dari konsep manajemen tradisional evolusi untuk membuat orang lebih memperhatikan biaya pengadaan bahan dan biaya bahan desain, dan mengurangi biaya bahan pengadaan dan biaya bahan desain sangat terbatas, dan akan membawa resiko kualitas produk akhir. Dengan keberhasilan penerapan teknologi informasi, perusahaan manajemen biaya yang disebabkan oleh berbagai kegiatan pengelolaan biaya, mereka melakukan analisis biaya driver dan kontrol akan menjadi tujuan pengelolaan masa depan.

    3. Aplikasi Ideas

    l Proses Bisnis dan Motivasi

    Setiap kegiatan usaha harus mengkonsumsi berbagai sumber daya perusahaan, konsumsi sumber daya, semakin semakin tinggi biaya produk. Kegiatan bisnis proses, biaya terdiri dari tiga bagian, yaitu memindahkan biaya-efektif untuk konsumsi, konsumsi tambahan biaya tetap dan tidak efektif karena biaya tetap akibat konsumsi. Set: suatu perusahaan

    Proses Bisnis Total biaya: E

    Proses Bisnis biaya: B

    Biaya efektif motivasi: a

    motivasi sekunder biaya: b

    Motivasi tidak valid biaya: c

    Semua biaya proses bisnis perusahaan adalah sama dengan nilai biaya usaha semua proses B1, B2 jumlah ... milyar



    Biaya proses bisnis milyar, motivasi mungkin berisi lebih dari biaya yang efisien a1, a2 ... ai; atau lebih biaya tambahan motif b1, b2 ... bj; atau lebih berlaku biaya motif c1, c ... ck. Ini adalah ekspresi logika (ekspresi non-matematika) adalah:

    Termasuk ∈ kata. n ~ n = 1; i i = 1 ~; j ~ j = 1; k = 1 ~ k.



    Oleh karena itu, biaya proses bisnis yang lebih efektif motivasi milyar adalah sama dengan biaya, ditambah biaya beberapa nilai motivasi sekunder, ditambah biaya lebih dari motif dan nilai-nilai yang valid.



    Tipe, motivasi efektif dan biaya dukungan ai bj motivasi adalah biaya tetap oleh pengolahan hasil harus menentukan, yang ditentukan oleh desain rekayasa, itu lebih ketat, mereka tidak boleh sewenang-wenang disesuaikan. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengurangi biaya proses bisnis hanya dapat menyesuaikan nilai biaya milyar ck motivasi tidak efektif. Lebih dari sebelumnya definisi motivasi adalah nilai yang tidak valid tidak ada hubungannya dengan produk kegiatan, penyesuaian atau melemahnya proses bisnis kembali motivasi tidak valid-adalah kuncinya.

    III. Kasus

    1. Sebelum reorganisasi proses bisnis

    Perintah pengolahan khas tradisional proses bisnis biasanya 5-6 langkah.

    l langkah

    ⑴. Penyusunan memproses pesanan - biasanya produk dari kegiatan mulai berlaku dalam kontrak penjualan untuk produksi pekerjaan persiapan sebelumnya, jadi perkiraan kapasitas produksi;

    ⑵. Memerintahkan pengolahan perintah - perintah untuk diproses setelah departemen pengolahan untuk mengkonfirmasi pusat pekerjaan yang ditugaskan ke bengkel, dan kemudian menarik pengolahan perintah adalah pelanggaran kontrak, dan karena itu mengeluarkan perintah harus diproduksi;

    ⑶. Proses - yaitu, produk pakan dan sudah dalam produksi;

    ⑷. Penyelesaian laporan - ketika produk diselesaikan pada jadwal, pusat kerja harus diselesaikan oleh volume produksi, jumlah berkualitas, kuantitas limbah laporan lokakarya;

    ⑸. Workshop Statistik - toko setiap hari untuk statistik produksi laporan ringkasan pusat kerja untuk sektor produksi. Tujuannya adalah untuk menyampaikan sektor produksi, penyelesaian tugas lokakarya;

    ⑹. Departemen Statistik - sektor produktif untuk pabrik produksi ke kantor pusat pabrik lagi laporan statistik agregat. Tujuannya adalah untuk menyampaikan kepada kantor pusat pabrik, sektor manufaktur, penyelesaian tugas.


    l fokus pada ⑸ pertama, langkah ⑹ adalah sistem informasi pengolahan dan pengumpulan informasi kegiatan statistik. Pada perusahaan tradisional, setiap proses bisnis di lebih atau kurang memiliki koleksi informasi dan kegiatan statistik, berbagi informasi, yang tidak dapat disebabkan oleh salib, menduplikasi, menyalin, jenis informasi kegiatan, sangat meningkatkan biaya dari perusahaan.

    l solusi untuk kegiatan sistem informasi untuk menyelesaikan.

    2. Ulang proses bisnis
    Ketika sistem informasi perusahaan telah berjalan, maka akan proses ⑸, ⑹ langkah untuk sistem manajemen informasi telah selesai, proses bisnis dapat disesuaikan dengan empat langkah berikut.

    •  langkah-langkah:

    ⑴ memproses pesanan. - Dalam penyusunan pengolahan sistem informasi tunggal;

    ⑵. Dikeluarkan oleh memproses pesanan - yang diterbitkan dalam sistem pengolahan informasi, tunggal;

    ⑶ Menyelesaikan laporan. - Situasi akan dimasukkan ke dalam penyelesaian sistem informasi manajemen;

    ⑷ Workshop,. Sektor manufaktur keadaan tersebut melalui pemantauan sistem informasi dan kontrol dinamis kualitas manufaktur.

    l analisis, proses bisnis disesuaikan,

    Langkah pertama juga ibid ⑴ dan ⑵ adalah penyebab sekunder.

    Langkah pertama Ibid ⑶ adalah motivasi yang efektif.

    l fokus: langkah pertama adalah ⑷ aktivitas baru. Kegiatan proses baru produk melalui analisis sistem informasi, kontrol, logistik, mengurangi persediaan dan logistik untuk mencapai dengan mengendalikan aliran dana untuk mengurangi risiko investasi.

    l efek, dibandingkan dengan proses bisnis asli, perusahaan manajemen dari transfer sederhana pengumpulan informasi dan kegiatan statistik untuk mengendalikan analisis informasi dan kegiatan informasi kepada, dari pengolahan informasi sederhana dengan restrukturisasi usaha mereka proses sehingga perusahaan pergeseran dari operasi berbiaya tinggi tinggi-laba operasi.

    KESIMPULAN

    Dari hasil penggabungan pekerjaan kami, kami dapat merarik suatu kesimpulan yaitu :

    1. Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai
        keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan
        suatu informasi dalam suatu bidang tertentu.
    2. Kriteria dari sistem informasi antara lain fleksibel, efektif dan efisien.
    3. Tujuan dari suatu sistem informasi adalah menciptakan suatu wadah komunikasi yang efisien
        dalam bidang bisnis.
    4. Sistem informasi berbasis internet merupakan sistem informasi yang memanfaatkan secara
        maksimal kegunaan dari komputer dan juga jaringan komputer.
    5. Sistem informasi berbasis internet merupakan suatu sistem dimana interaksi manusia dan
        komputer menjadi peranan yang sangat penting.

    No comments:

    Post a Comment

    Twitter
    Instagram